Sabtu, 03 Maret 2012

Sistem Operasi Pada Handphone

Selamat Pagi,.,

sekilas mengenai handhone,.,
kita tidak bisa luput dari yang namanya Sitem Operasi(operating system) atau sering disebut juga ''OS'',.,
mengkin,kita bertanya-tanya ?
-apa sih,keunggulan maupun kekurangan dari masing-masing OS tersebut ?-
mungkin sedikit review ,bisa sedikit memperjelas,.,

1.Java

OS Java biasanya diterapkan pada jenis yang telah polyponik namun kelas monoponik pun juga telah tersedia.Biasanya terdapat pada ponsel tipe lama, namun tipe baru sekalipun saat ini biasanya juga telah mendukung untuk fitur ini.Harga untuk ponsel jenis ini lebih terjangkau. Java sebagai middleware yang diperkenalkan pada ponsel, memberikan jawaban yang sangat memuaskan. Dengan adanya Java, seseorang dapat membuat aplikasi bermodalkan komputer dan sebuah aplikasi notepad. Sayangnya, kemampuan Java sebagai middleware mengakibatkan terbatasnya feature hardware ponsel yang dapat diakses oleh sebuah aplikasi berbasis Java.


Kelebihan :

Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi    komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalahMicrosoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.



- OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

- Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.

- Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.

- Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Kekurangan :

- Tulis sekali, jalankan di mana saja – Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antaraplatform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.

- Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.

- Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

2.Sistem Operasi Palm

Sebenarnya sistem operasi Palm bisa saja disebut sebagai perintis OS pada sebuah handset untuk PDA maupun Smartphone, hal ini dikarenakan pesatnya perkembangan produk yang menggunakan Palm dan juga banyaknya jumlah pihak ketiga yang membuat program untuk Palm, hingga sekarang telah ada ribuan program untuk perangkat elektronik yang berbasis Palm.
Palm OS di desain untuk tepat pada devais ukuran telapak tangan dari ukuran tertentu dengan ukuran layar tertentu pula. Palm OS menggunakan multitasking, tetapi hanya satu task untuk setiap aplikasi. Pengguna menggunakan satu aplikasi pada waktu tertentu, satu program apikasi harus selesai sebelum yang berikutnya dapat dipilih. Pembatasan ini membuat sistem operasi mendedikasikan penuh perhatian pada aplikasi yang terbuka. Space yand dibutuhkan oleh sistem untuk setiap aplikasi yang berjalan adalah bersifat dinamis, reusable random access memory (RAM). Aplikasi dan database yang berhubungan disimpan dalam tempat penyimpanan permanen, tetapi tempat penyimpanan permanen itu adalah RAM (bukan hard disk)

Palm OS membagi sebuah aplikasi menjadi code yang dapat dijalankan dan tipe elemen data yang berbeda, seperti elemen antar muka (user interface) dan icons. Elemen data dapat diubah dengan mudah tanpa perlu menulis ulang code.

Kelebihan :

- Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal,
- Tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik.

Kekurangan :

- Tidak memiliki media penyimpanan eksternal/tambahan, walaupun bisa diisi sebuah program, Software maupun Aplikasi tetapi tidak bisa di instal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori,
- Perusahaan yang mengembangkan Palm telah dihentikan maka kemungkinan perkembangan program Palm tidak akan ada lagi dan development yang ada sekarang mungkin hanya berupa support untuk produk produk lama Palm.

3.Windows Mobile

Sebuah sistem operasi ponsel yang dikembangkan olehMicrosoft yang digunakan dalam ponsel pintar dan perangkat mobile, namun dikeluarkan untuk pasar tertentu. Windows Mobile nantinya digantikan olehWindows Phone 7.
Biasanya hanya digunakan pada ponsel jenis PDA Phone yang harganya lumayan untuk kalangan ekonomi menengah kebawah, namun biasanya pengguna HP dengan OS ini hanya kalangan pebisnis yang ekonominya lumayan.biasanya sebanding dengan harga 1buah laptop, tergantung dari merk dan spesifikasinya.


Kelebihan :

- Dukungan penuh dari Microsoft,
- Aplikasi office yang lengkap,
- Tersedia Android Market untuk memenuhi kebutuhan user,
- Tersedia fitur Find My Phone untuk mengetahui lokasi ponsel anda,
- Tersedia fitur Live Tiles untuk memberikan informasi pada homescreen ponsel anda.

Kekurangan :

- Mudah terserang malware,
- Keterbatasan multitasking (hanya untuk aplikasi tertentu),
- Aplikasi bawaan dari sistem kurang memadai (tidak ada file transfer bluetooth, Windows Explorer, Silverlight),
- Tidak mendukung internet tethering.

4.Mobile Linux

Ponsel Linux pertama diluncurkan oleh Motorola pada bulan Februari 2003. Motorola seri A760 yang dirilis pertama kali di Cina ini menggunakan OS kombinasi dari kernel Linux yang didistribusikan oleh software Silicon Valley-based Monta Vista dan software lainnya dari bahasa pemrograman Java Sun Microsystems. Sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google adalah Android. Platform software berbasis Linux diantaranya adalah MOTOMAGX dan Qtopia. MOTOMAGX merupakan platform Linux mobile dari Motorola. Produk pertama yang didasarkan pada platform ini adalah ponsel MOTOROKR Z6 dan MOTORAZR2 V8. Qtopia Phone Edition merupakan platform software dan antarmuka untuk Linux, yang dikembangkan oleh perusahaan Trolltech. Qtopia Greenphone, merupakan perangkat pengembangan Linux mobile yang ditujukan untuk berbagai aplikasi baru.

Contoh ponsel ber-Linux OS: Haier N60, Motorola A760, E895, NEC N900iL, dan Samsung SCH-i519. Produk-produk PDA seperti Sharp SL-C3000, Sharp Zaurus SL-C1000, Compaq iPAQ, IBM e-LAP reference design, dan Nokia 770 Internet Tablet.

Kelebihan :

- Linux sebagai OS yang ideal bagi ponsel karena dukungan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti IBM, Oracle, dan Intel,
- Sistem ini nilai lebih fleksibel dan menawarkan memori yang lebih kecil serta bisa lebih dihemat.

Kekurangan :

- Aplikasi tambahan yang belum banyak beredar,
- Linux dibangun untuk mengoprasikan sistem dengan tenaga besar,
- Sehingga manajemen sumber daya baterai masih kalah efektif dibandingkan OS lainnya.

5.Bada

Bada (diucapkan / bɑ dɑ ː ː / dan bergaya sebagai Bada) adalah sebuah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Samsung Electronics untuk digunakan pada ponsel dan low-end smartphone .
Hal ini dirancang untuk mencakup rentang dari rendah-end fitur ponsel untuk high-end smartphone .Samsung mengklaim bahwa Bada cepat akan menggantikan fitur proprietary platform ponsel, efektif mengubah fitur ponsel ke smartphone . Nama 'Bada' berasal dari 바다, di Korea kata untuk 'laut' atau 'laut'.
OS Bada, merupakan sistem yang dikembangkan Samsung sendiri dimana melalui Open Sourch nya dengan mudah dan secara terbuka menerima segala macam aplikasi kedalam ponsel.

Kelebihan :

- Banyak game,aplikasi yang menjadi nilai tambah pada fitur yang sudah ada,
- Kita bisa membuka banyak aplikasi yang kita instal/download sesuai format yang mndukung dengan hp kita

Kekurangan :

- Banyaknya aplikasi yang di-instal, hp jadi mudah lambat dapat memproses nya.

6.Mac OS x

Kesuksessan Apple dengan sistem operasi Mac OS X-nya nampaknya tidak berujung puas bagi Tim Cook dkk. Apple kini telah meluncurkan sistem operasi terbaru yang bernama Mountain Lion atau ‘Singa Gunung’.

Namun pengguna sepertinya harus bersabar hingga akhir musim panas tahun ini. Sebab Mountain Lion mulai hari ini hanya tersedia bagi pengembang.
Nantinya Mountain Lion akan banyak membawa fitur iOS laiknya sentral notifikasi dan juga Game Center. Dan akan menjadi bagian dari Aplikasi Mac yakni Notes serta Reminder yang bagi pengguna iPad serta iPhone sangat akrab dengan fitur tersebut.

Menurut Phil Schiller, Senior Vice President Worldwide Marketing Apple, tinjauan ke pengembang hanya berlaku selama tujuh bulan. Sebelum Mountain Lion akan dirilis ke pasar secara global.
Salah satu fitur yang menarik perhatian adalah Gatekeeper. Dengan fitur ini maka Mac akan menyalakan aplikasi yang diunduh melalui App Store Mac dan dapat langsung mengontrol aplikasi tersebut.
Untuk masalah keamanan, pengguna dapat memilih dan memilah aplikasi apa saja dari App Store Macyang dapat dijalankan.
Gatekeeper sejatinya sebuah fitur pilihan. Pengguna dapat menjalankannya atau tidak. Dengan fitur ini maka user dapat memilih dan menjalankan aplikasi secara suka-suka.
Twitter juga dibenamkan ke Mountain Lion. Sehingga aktivitas berbagi teks, tautan, foto, serta video, dan konten apapun dapat dilakukan.
Bagaimana dengan iCloud? Saat Mountain Lion dinyalakan, maka akan tampil pilihan login ke akun Apple ID. Dan dengan sign ini maka pengguna dapat mengelola seluruh layanan Apple. Seperti iCloud, FaceTimes, iTunes Store serta Mac App Store.

Kelebihan :

- Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk desain grafik/multimedia,
- Tidak mudah terserang virus, Karena dirancang oleh security oriented,
- Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword,
- High Performance khususnya untuk MAC OS X yang dapat untuk melakukan semua hal dalam menjalankan aplikasi dengan kecepatan baik.

Kekurangan :

- Software untuk OS ini belum begitu lengkap seperti pada windows,
- Harganya masih terlalu mahal,
- Seakan hanya ditujukan untuk pendisain grafis,
- Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.

7.  Apple (iOS)


iOS adalah sistem operasi mobile Apple. Dikembangkan awalnya untuk iPhone, kemudian telah digunakan juga pada iPod Touch, iPad dan Apple TV. Apple tidak mengizinkan OS untuk dijalankan pada hardware pihak ketiga. Interface pengguna iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung, menggunakan gerakan multi-touch. Elemen kendali Interface terdiri dari slider, switch, dan tombol. Interaksi dengan OS mencakup gerakan seperti menggesekkan, penyadapan, mencubit, dan sebaliknya mencubit. Akselerometer internal digunakan oleh beberapa aplikasi untuk merespon guncangan perangkat (satu hasil yang umum adalah membatalkan perintah) atau berputar dalam mode tiga dimensi (satu hasil yang umum adalah beralih dari portrait ke modus landscape). Dalam IOS, ada empat lapisan abstraksi: Core OS layer, Core Services layer, Media layer, dan Cocoa Touch layer. Sistem operasi membutuhkan sekitar 500 megabyte penyimpanan perangkat, bervariasi untuk setiap perangkat yang diimplementasikan.

Kelebihan :

- Multitasking,
- Navigasi mudah,
- Terintegrasi penuh dengan OS Apple yang lain,
- Dukungan multimedia sangat baik,
- User Interface yang interaktif,
- Tersedia AppStore untuk memenuhi kebutuhan user,
- Mendukung GPS.

Kekurangan :

- Tidak support flash (Safari Mobile),
- Penempatan antena kurang baik,
- Standar aplikasi pengembang sangat ketat.

8. Android

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Kelebihan :

- Open source,
- Multitasking,
- Kemudahan dalam notifikasi,
- Mendukung banyak hardware mobile,
- Management widget yang flexibel,
- Tersedia banyak aplikasi pendukung,
- Dukungan penuh dari Google,
- User Interface yang interaktif,
- Telah mendukung HTML5,
- Tersedia Android Market untuk memenuhi kebutuhan user,
- Mendukung GPS.

Kekurangan :

- Harus terus update untuk memperbaiki bug,
- Banyak terpampang iklan dalam aplikasi.

9.Symbian

Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. Saat ini Symbian OS banyak telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. Hal ini dimungkinkan karena API merupakan objek antarmuka yang didefenisikan pada level aplikasi, yang berisikan prosedur dan fungsi (dan juga variabel serta struktur data) yang mengelola/memanggil kernel dimana sebagai penghubung antara software dan hardware. Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat diinstal pada produk telepon bergerak yang bermacam-macam.
Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secaraevent-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi.
Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, dipublikasi untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri.
Berikut adalah merupakan gambar yang menunjukan persentase penggunaan sistem operasi mobile yang di dunia saat ini.

Kelebihan :

-  Sistem stabil,
- Hemat Baterai,
- Mendukung video call,
- User Friendly,
- Banyak dukungan aplikasi.

Kekurangan :

- Interface yang statis,
- Mudah terserang malware.

10.BlackBerry

BlackBerry OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan RIM yang mendukung layanan multitasking untuk produk BlackBerry. BlackBerry diperkenalkan tahun 1997 oleh Perusahaan Kanada, Research in Motion(RIM) yang mampu menyampaikan informasi jaringan data nirkabel. BlackBerry mulai dikenalkan di Indonesia pada Desember 2004 oleh operator di Indonesia. Pasar BlackBerry mulai diramaikan oleh berbagai operator dengan menyediakan berbagai pilihan layanan seperti BlackBerry Internet Service dan BlackBerry Enterprise Server. BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam. Sejauh ini, fasilitas BlackBerry memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain.

Kelebihan :

- Fungsi BBM yang digunakan untuk chatting antar blackberry,
- Customize Theme untuk user level untuk mendesign thema blackberrynya sendiri,
- Fungsi geotag pada blackberry berGPS yang berisikan informasi,
- Tampilan akses multimedia yang sangat nyaman untuk digunakan,
- Fitur firewallnya,sangat efektif dalam memblok sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan,
- System full backup/recover mempermudah user dalam membackup data-data penting.

Kekurangan :

- Belum mendukung conference call,
- Tidak ada aplikasi native untuk menerima dan mengirimkan fax,
- Spell check yang membantu pengecekan kesalahan ketik hanya dapat berjalan jika selesai diketik semua,
- Sinkronisasi antara email di blackberry dan server kurang maksimal,
- Browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi.

Setelah sedikit urian diatas ,.,.,
kita dapat mengetahui persentase Sistem Operasi Mobile yakni :


Wassalam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar